Contact Us:

Jl. Gedongkuning Yogyakarta, Pringgolayan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

0822-8058-0556

Miniatur Pabrik Tambang

Fungsi miniatur memang pada dasarnya sebagai souvenir relasi perusahaan. Meski demikian, nyatanya belum banyak perusahaan yang tahu tentang miniatur. Hal ini karena banyak perusahaan yang menganggap miniatur hanya sebatas pajangan atau hiasan. Belum lagi, kerajinan miniatur sering disamakan dengan maket yang memang tampak begitu mirip. Memang, apa perbedaan keduanya?

Apa Beda Miniatur dan Maket?

Perbedaan miniatur dan maket dapat dilihat dari ukuran, bahan, dan fungsi. Dari segi ukuran, miniatur jauh lebih kecil dari maket karena miniatur hanyalah replika. Sementara itu, maket memiliki ukuran yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya bahkan sampai ke detail-detailnya. Miniatur berfungsi sebagai pajangan atau souvenir, sedangkan maket biasanya digunakan sebagai media untuk presentasi.

fungsi miniatur

Bahan untuk membuat miniatur dan maket juga cenderung berbeda. Maket biasanya dibuat dari bahan kayu. Bahkan, ada yang membuatnya dari bahan logam. Sementara itu, bahan untuk membuat miniatur disesuaikan dengan tujuan penggunaan. Jika untuk mainan, miniatur bisa dibuat dari kardus hingga stik es krim. Namun, jika untuk souvenir, miniatur biasanya dibuat dari bahan logam kuningan.

Apa Fungsi Miniatur?

Secara garis besar, fungsi miniatur adalah sebagai souvenir perusahaan. Namun, secara spesifik, miniatur memiliki kegunaan lebih dari itu. Adapun kegunaan miniatur adalah sebagai berikut.

  • Kenang-kenangan

Miniatur dapat dijadikan kenang-kenangan berkesan dari sebuah perusahaan. Misalnya saja, miniatur jembatan suramadu. Souvenir tersebut terinspirasi dari jembatan ikonik terpanjang di Indonesia. Karena itulah, penerimanya pun akan merasa takjub dengan kemegahan jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura tersebut.

  • Fungsi Miniatur sebagai Ucapan terima kasih

Miniatur dapat juga menjadi bentuk ucapan terima kasih. Hal ini terepresentasikan kala perusahaan memberikan miniatur dalam acara penandatanganan kontrak kerja sama bisnis. Miniatur yang diberikan dapat berupa miniatur rig jika perusahaan bergerak di bidang pertambangan.

  • Hadiah penghargaan

Kerajinan miniatur dapat juga diberikan sebagai hadiah penghargaan yang berkelas. Saat relasi mengadakan kunjungan bisnis, perusahaan pertambangan bisa memberikan miniatur pompa angguk sebagai souvenir. Hal ini akan memperkokoh hubungan bisnis.

  • Fungsi miniatur sebagai sarana branding

Souvenir miniatur biasanya memang mencerminkan jati diri perusahaan karena dibuat sesuai dengan ciri khasnya. Salah satu contohnya adalah miniatur tambang yang menjadi cendera mata untuk perusahaan pertambangan. Miniatur tersebut dapat berupa miniatur excavator.

  • Media pendukung promosi

Miniatur yang repesrentatif dapat juga menjadi sarana untuk mendukung promosi. Dengan kata lain, miniatur dapat menjadi souvenir untuk memperkuat pemasaran produk. Hal ini tentu akan menguntungkan perusahaan karena dapat membantu meningkatkan penjualan.